Belajar Bilangan Cacah 1-20 : Konsep Pembelajaran dan Contoh Soal
Bilangan cacah adalah jenis bilangan yang digunakan untuk menghitung benda-benda, orang, atau hal-hal lain yang dapat dihitung. Bilangan cacah termasuk bilangan 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Di kelas 4 SD, beberapa konsep yang diajarkan tentang bilangan cacah meliputi:
- Penjumlahan
dan Pengurangan Bilangan Cacah:
- Siswa
belajar cara menjumlahkan dan mengurangkan bilangan cacah dengan
menggunakan metode berhitung atau algoritma tertentu.
- Contoh:
- 3
+ 2 = 5
- 8
– 4 = 4
- Pembagian
Bilangan Cacah:
- Konsep
pembagian sederhana mungkin juga diperkenalkan, seperti membagi objek
secara adil antara beberapa orang.
- Contoh:
- 12
÷ 3 = 4 (12 dapat dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing berisi 4)
- Perkalian
Bilangan Cacah:
- Siswa
mungkin diperkenalkan dengan konsep perkalian dasar, seperti mengalikan
dua bilangan cacah.
- Contoh:
- 3
× 4 = 12
- Pencacahan:
- Siswa
belajar tentang teknik pencacahan untuk menghitung jumlah total objek
dalam sebuah kelompok atau himpunan.
- Contoh:
- Menghitung
jumlah buah apel dalam sebuah keranjang.
- Pola
Bilangan Cacah:
- Siswa
mungkin diperkenalkan dengan pola bilangan, seperti deret bilangan ganjil
atau genap, dan mencari aturan polanya.
- Contoh:
- 2,
4, 6, 8, … (deret bilangan genap)
Contoh Soal Bilangan Cacah:
- Soal
Penjumlahan:
- Hitunglah:
7 + 9 = ?
- Jawab:
7 + 9 = 16
- Soal
Pengurangan:
- Kurangkan:
15 – 6 = ?
- Jawab:
15 – 6 = 9
- Soal
Perkalian:
- Kalikan:
4 × 3 = ?
- Jawab:
4 × 3 = 12
Semoga rangkuman ini membantu Kamu memahami konsep bilangan cacah

Posting Komentar untuk "Belajar Bilangan Cacah 1-20 : Konsep Pembelajaran dan Contoh Soal"